Umpan Ikan lais pasti Dapat banyak

Sebenarnya artikel ini adalah tambahan dari artikel utama tentang cara mancing ikan lais disungai,sengaja saya tulis belakangan sebagai pelengkap karena memang jenis umpan ini saya gunakan untuk memancing ikan lais sungai yang cukup banyak ditemukan di daerah sumatra selatan.

 

sebelum masuk ke pembahasan mengenai umpan mancing ikan lais ada baiknya anda membaca artikel saya sebelumnya disini (Panduan mancing ikan lais sungai)jika kamu sudah membacanya baru lanjut dihalaman ini,ok lanjut ke pembahasan.memancing sebenarnya itu cukup menarik jika memang jenis ikan yang akan kita tangkap memiliki kriteria yang unik,seperti lais.

 

Meski cukup jarang kita mendapatkan lais ukuran besar,namun ikan ini cukup kuat saat menyentak joran pemancing,bentuk ikannya yang lebar dan pipih menjadikan sensasi strike makin terasa,namun jangan kecewa saat ikan sudah dekat dengan permukaan air,tenaga ikan ini langsung hilang,karena itulah sentakan pancing seolah hilang dan ikan lepas,namun memang beginilah sensasinya menangkap lais dengan kail pancing,Mantabb…!!oleh karena itu angger.id akan sajikan beberapa umpan pancing ikan lais yang cukup efektif yang sudah saya uji dilapangan.

 

Umpan ikan Lais

1.Jangkrik

Umpan Ikan lais

Umpan satu ini menjadi favorit ikan lais karena memang jenis ikan predator yang memangsa apa saja yang berada diatas air ataupun permukaan air.jangkrik merupakan umpan sempurna untuk ikan ini,dimana umpan ini pas dengan ukuran kail 14 yang dipasang agar sedikit mengeluarkan mata pancing.

 

 

2.Lipas/Kecoak

kecoa

sama seperti halnya jangkrik,lipas sangat disukai para pemancing sebagai umpan ikan lais karena aromanya yang sedikit busuk,baunya dan cara memainkan umpan diatas permukaan air tentu saja menjadi skill tersendiri para pemancing ikan predator ini.kecoak mempunyai badan yang cukup lunak sehingga saat ikan lais menyambar,kail pancing langsung nyangkut di mulut ikan

 

 

3.Kelantung

kelantungUmpan kelantung sangat cocok jika anda mengunakan teknik mancing pantul,dengan menggunakan Joran tegak,karena bobot umpan ini cukup berat sehingga untuk skill memancing lais dengan teknik pantul sangat cocok untuk umpan jenis ini,namun perlu diingat,mulut ikan lais tidaklah langsung menelan umpan ini tapi hanya mengigit,jadi saat penyentakkan joran sebaiknya hati2 karena posisi ikan hanya nempel di umpan.

 

 

Nah itulah jenis umpan mancing ikan lais yang belum banyak orang ngerti,dan ini sangat efektif,pengalaman saya mempraktekkan memancing dengan umpan tersebut bisa anda lihat di foto berikut ini

pancingan lais

foto diatas adalah hasil mancing saya di salah satu spot mancing PT Wanapotensi guna sanga desa,hanya dalam waktu 1 jam saja,bagaimana cukup mudah sebenarnya dalam memancing ikan predator satu ini.selain itu dimanakah sebenarnya tempat mancing yang banyak ikan laisnya??berikut saya jabarkan.

 
Panduan step by step ikan lais di sungai
Dalam artikel ini,saya akan menunjukkan panduan dalam memancing ikan lais disungai yang pernah saya praktekan sendiri

Tempat Memancing Ikan Lais

Tidak sulit menemukan tempat memancingnya,salah satu sungai yang mempunyai ciri terdapat ikan lais adalah.

 

1.Aliran sungai mengalir

karena lais adalah ikan yang senang bermigrasi atau mencari muara sungai,maka ikan ini bisa ditemukan di lubuk lubuk putaran air atau tikungan sungai besar seperti di musi,atau anakan sungai.

 

2.Air sungai yang jernih

hal ini wajib karena dengan air yang jernih biasanya ikan lais akan naik ke permukaan air,sehingga saat anda senter airnya maka akan nampak sekumpulan ikan lais sedang berenang.

 

3.Memancing dimalam hari

lais adalah ikan malam,mereka berburu seranga yang jatuh diair,memakan anakan ikan gabus dan ikan seluang,oleh karena itu usahakan memancing ikan ini dimalam hari.

 

4.Anakan sungai

Anakan sungai yang dimaksud adalah jalur sungai yang terhubung langsung dengan sungai induk,karena ikan lais saat banjir akan naik ke anakan sungai untuk bertelur,sebelum nanti kembali ke sungai utama.

 

5.Sesudah Banjir

berhubung lokasi saya dekat dengan sungai musi,biasanya musim lais akan datang saat banjir tiba dan selang beberapa hari air di sungai mulai surut,pada moment ini ikan lais akan berkumpul untuk melepaskan telurnya di anakan sungai,maka dari itu moment seperti ini sangat pas untuk berburu ikan predator tersebut.

 

Nah itulah sedikit tips yang sudah saya buktikan sendiri,oleh karena itu mari kita budayakan memancing tanpa harus menggunakan alat strum ikan ataupun racun ikan,karena itu sangat merusak habitat dan ekosistem sungai,mari kita jaga sungai kita dari bahaya itu.

 

Leave a Reply