Memulai Bisnis Online Dropship

Adanya marketplace di Indonesia yang cukup banyak mulai dari shopee, tokopedia, lazada, bukalapak, dan sebagainya merupakan suatu pasar yang sangat potensial dan besar karena menjangkau seluruh Indonesia.

dropship

Beberapa hal yang harus diperhatikan oleh anda sebagai pemula untuk memulai bisnis online dropship adalah sebagai berikut:

1.Menentukan Niche

Hal pertama yang harus dilakukan dalam bisnis online dropship adalah menentukan niche atau bidang yang akan anda geluti atau dapat dikatakan sebagai tema dropship. Misalnya dibidang fashion pria atau wanita, alat kesehatan, elektronik, atau peralatan rumah tangga.

Pilihan ini dapat anda lakukan dengan melakukan riset di google planner atau google adword untuk mencari keyword apa yang paling sering dicari di google misalnya keyword busana muslim atau peralatan sekolah. Anda juga dapat menentkan niche atau bidang berdasarkan hobi anda misalnya anda menyukai fotografi, anda dapat menjual berbagai macam alat fotografi misalnya berbagai macam kamera, baterai, SD card, tripod atau hal-hal yang berkaitan dengan fotografi lainnya yang sering dicari oleh banyak orang.

2.Memilih Market Place

Selanjutnya langkah yang harus anda lakukan adalah memilih marketplace yang akan anda terjuni, anda bisa memilih salah satu marketplace misalnya tokopedia, shopee, bukalapak, kaskus, olx dan lainnya. Pilih market place yang dirasa cukup dan cocok dengan barang yang dijual. Misalnya sebagai gambaran, sebagian besar konsumen dari shopee lebih banyak kaum hawa karena shopee menawarkan promo gratis ongkir.

Jadi marketplace shopee akan cocok digunakan untuk menjual jenis fashion wanita, kosmetik, alat dapur, tas dan sepatu. Namun, meskipun begitu tidak menutup kemungkinan bagi anda yang ingin menjual barang otomotif, mainan ataupun barang elektronik. Sedangkan untuk bukalapak dan tokopedia cenderung sama, keduanya memiliki produk atau barang yang khas yang tidak dapat ditemukan di satu dengan lainnya.

3.Memilih Supplier
Ketiga, setelah anda menemukan marketplace yang cocok dengan anda selanjutnya adalah memilih supplier yang akan dipilih untuk mengambil produk/barang yang akan dijual. Anda bisa menjual barang dari beberapa marketplace yang ada misalnya anda dapat mengambil barang dari tokopedia kemudian dijual di shopee atau sebaliknya. Bahkan, anda dapat menjual produk atau barang yang ada di tokopedia dan menjualnya ditokopedia juga. Beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan supplier antara lain:

  • Pastikan ia punya reputasi baik, dari segi laku-nya mengenai jualan maupun respon yang diebriakn oleh konsumen. Untuk mengetahui hal ini, anda dapat melihatnya dikomentar konsumen untuk mengetahui kinerja dari toko supplier tersebut dapat memuaskan customernya atau tidak.
  • Pilihlah supplier yang memiliki alamat atau wilayah yang sama dengan alamat yang anda buat, misalnya anda membuat alamat toko di Surabaya, maka pilihlah supplier terdekat yang memiliki jarak yang dekat dengan Surabaya agar ongkos kirim dapat diperhitungkan sesuai dengan toko anda.
  • Anda dapat mempertimbangkan untuk memilih supplier yang memiliki banyak variasi barang atau supplier dengan 1 niche produk.
  • Pilihlah Supplier yang memilki harga terendah karena keuntungan yang anda peroleh berasal dari mark-up harga dari supplier atau selisih dari harga beli supplier dan harga jual ke customer nantinya.

4.Membuat Akun Marketplace

Langkah keempat yang perlu anda lakukan adalah membuat akun. jadi setelah anda memilih dan menemukan supplier yang sesuai dengan syarat sebelumnya, maka anda dapat membuat akun marketplace supplier atau marketplace jualan. Misalnya saja, anda akan mengambil barang dari tokopedia dan menjualnya di shopee, maka dengan bekal 1 email dan 1 nomor HP anda dapat membuat akun dikedua marketplace tersebut secara gratis.

Buatlah nama akun atau username marketplace yang sesuai dengan produk yang anda jual agar lebih meyakinkan. Pembuatan akun akan memerlukan data mengenai toko/lapak, piliha kurir, rekening bank, dan kelengkapan profil lainnya. Semakin lengkap data yang diberikan tentu akan semakin meyakinkan para pengunjung toko anda nantinya.

5.Mengambil Data dari Supplier yang Anda Pilih

Selanjutnya anda dapat mengimport atau mengambil barang atau produk dari supplier yang anda pilih mulai dari gambar, mark up harga, dan deskripsi produk yang meyakinkan. Anda dapat menaikkan harga atau memberi mark up sebesar 30% dari harga asal. Entry dan upload data tersebut ke market place pilihan anda.

jika anda melakukannya secara manual anda dapat memilih barang yang berkuallitas dan berpotensi laris untuk dijual. Pilih barang yang jarang ada di pasaran namun banyak dicari. Jika anda menggunakan robot atau aplikasi untuk melakukan download dan upload berarti anda bermain kuantitas dalam hal ini makin banyak barang yang anda upload akan semakin banyak pula pengunjung marketplace yang akan tertarik dengan toko marketplace anda.

One Response

Leave a Reply