Mau Komplain barang tidak sampai di JNE?Baca ini dulu!!

Yups ketemu lagi sedulur dropshipper,kali ini mau curhat mungkin ada diantara kalian yang mengalaminya,perihal pembeli bertanya posisi barang yang kita kirim kenapa belum sampai.

 

Pembeli:’ Mas barangnya sampai sekarang kok belum sampai ya??”

saya:” mumet,binggung dan sumpah gak tau beneran”

 

Sebenarnya hal seperti ini sudah sering saya alami,nasib memang sebagai dropshipper,namun ini bukanlah kesalahan kita karena saat abrang sudah masuk ke ekspedisi sudah 100% tanggung jawab JNE,ya to??

Baca juga: Panduan Step bye step dropship dari tokopedia ke shopee

Buat pembeli,sebelum melakukan komplain ada baiknya cek dulu resinya untuk mengetahui posisi barang sudah sampai mana,apakah sudah sampai.nah untuk memastikan barang sudah sampai atau belum namun belum ada telepon atau orang JNE yang datang kerumah,kamu bisa coba kontak JNE.

3 Cara komplain ke JNE jika barang tidak kunjung sampai

Via JNE.co.id

Via JNE.co.id

1.Kontak Via Tlpn

Bagi yang mau tlpn jne pusat (jakarta) bisa langsung ke no ini (021) 2927 8888,atau yang mau menelepon agen JNE terdekat namun tidak tau no kontaknya,silahkan langsung cari ke google melalui link berikut ini CEK JNE dan masukkan jne wilayah mana yang ingin kamu cari

 

2.Komplai JNE lewat Email

Untuk komplai via email bisa langsung menggunakan alamat berikut ini

  • Email:customercare@jne.co.id

dari pengalaman saya Costumer care JNe cukup responsif,hanya dalam hitungan kurang dari 1 jam saja biasanya sudah ada balasan masuk di email kita.

 

3.Datang langsung ke Cabang JNE

Cara yang mudah dan terbukti ampuh,karena biasanya disini saya bisa mendapatkan kiriman saya yang terlambat kek keong karena ada agen yang mungkin lupa menginput data tracking paketan kita atau mungkin tertimbun paketan lain karena memang paketan kita ini packingnya lumayan mungil,dalam kasus saya adalah paketan mouse komputer.dan alhamdullilah langsung diserahkan dan pihak agen jne.

 

Jangan salahkan penjual,koreksi alamatmu apakah lengkap???

 

Nah ini yang menjadi moment kurang menyenangkan sebenarnya karena sering kali pembeli dengan ketidaktahuannya langsung membredel kita dengan berbagai kata negatif :(,koreksi dahulu sebelumnya apakah alamat yang kamu lampirkan itu benar benar lengkap,.

 

Semisal begini sebagai contohnya.

Contoh Alamat 1: jln palagan pahlawan no 13,kab musi banyuasin

 

untuk lengkapnya bisa kamu tambahkan

Contoh Alamat 2:jln palagan pahlawan no 13 ( Depan rumah makan sumber waras)kab musi banyuasin,

 

Pokoknya tulis sejelas jelasnya,biar agen jne dapat dengan mudah menemukan lokasi alamat yang dituju,makanya disini saya tiap pengiriman barang ke pembeli selalu meminta alamat yang sangat jelas.demi kebaikan bersama.

 

Pembeli juga bisa Salah 🙁

Dari sisi pembeli sebenarnya juga bisa salah,karena ini menurut pengalaman saya sendiri yang mengirim barang ke daerah yang belum terjangkau JNE,dan pembeli sepertinya masih Awam dalam hal beli barang di internet.jadi sebagai penjual kita harus maklum,dan bisa jadi pengalaman bagus buat pembeli.

 

Sedikit Curhat:

saya ada pembeli yang berasal dari salah satu perbatasan musi rawas dan musi banyuasin,setelah melakukan order dan mengirim barangnya dengan lampiran alamat yang diberikan akhirnya barang saya kirim via JNE dan estimasi diterima sekitar 3 harian.

 

Namun sampai hari ke 5 belum ada notifikasi kalau barang diterima,disini saya cek melalui resi number,dan alhasil telepon berdering,dengan nada sedikit kesal pembeli tadi ngomel ngomel kesaya,kalau barangnya kok sampainya di lubuk linggau bukan di tempat,disini saya minta waktu sebentar sama pembeli tadi buat cek n ricek.

Ternyata,lokasi alamat yang diberikan oleh pembeli itu tidak ada agent JNE nya dan hanya cabang JNe yang berada di kota,saya coba tanyakan ke pembeli produk saya tadi apakah ada tlpn ataupun SMS dari pihak agen JNE,dia menjawab ADA,namun karena terlalu jauh dari tempat dia berada makanya pembeli kompalinnya ke saya,padahal ini jelas kesalahan pembeli menurut saya.karena memang agen kecil jne yang berada di daerah-daerah perbatasan itu belum ada.

Nah semoga artikel n pengalaman tersebut dapat bermanfaat buat kamu yang mengalami hal yang sama dengan saya,agar tidak terulang lagi,selalu tanyakan alamat lengkap kepada pembeli,jadilah penjual yang ganteng..hehehe matur suwun.

Leave a Reply