Kirim ArtikelKirim artikelmu di blog ini Lihat caranya disini

Cara Mancing ikan lais di sungai


Selamat malam,sebenarnya ini pengalaman sendiri kegiatan penghilang bosan saat pulang kerja,mau ngeblog malas jadi inilah hobi kedua saya,yaitu mancing kali ini angger.id akan langsung membeberkan tip dan trik jitu mancing ikan lais,tips ini saya dapatkan dari para pemancing ulung orang sumatra selatan,yuk mari 🙂

 

Ikan lais,tampilannya memang mirip sekali dengan ikan patin maupun Toman,namun ikan ini lebih gesit lebih enak dagingnya dibandingkan kedua ikan tersebut,ingin lihat tampilan ikan lais?biar tidak penasaran.

ikan lais

sumber gambar:fc-kesehatan.blogspot.co.id

Ikan ini sangat banyak ditemui terutama di sungai musi atau anak sungainya,karena itu banyak pemancing yang memburu ikan ini untuk dijadikan sport,karena tarikan ikan lais sangat kuat saat berada di dalam air,mungkin karena di dukung oleh postur tubuhnya yang pipih,sehingga membuat ikan ini begitu gesit.

 

Berawal saya yang seorang karyawan di PT Wanapotensi Guna,dan lokasinya yang masih dekat dengan sungai musi,saat musim penghujan biasanya ikan ini melakukan migrasi ke anak-anak sungai sekitaran musi untuk bertelur,karena itu sering kita jumpai sungai yang menjadi lokasi migrasi ikan lais saat malam airnya selalu beriak( berbunyi) jika kita coba senter airnya,akan nampak gerombolan lais yang sedang berenang.

 

jika menemukan lokasi ikan yang sedang berenang inilah tempat potensial untuk anda yang akan memancing ikan lais,berikut ini beberapa umpan paling jitu dalam memancing ikan lais.

Umpan mancing ikan lais

1.Kelantung (Ulat pohon pisang)

Umpan jenis ini sangat mudah ditemui di pohon pisang,ambil yang masih menjadi ulat,jangan pernah mengambil yang sudah menjadi kepompong,karena didalam air nanti kepompong akan mudah hancur,berbeda berbeda dengan ulat.

 

2.Jangkrik

salah satu umpan favorit bagi ikan lais,ini dikarenakan hewan ini mungil dan tidak terlalu besar bagi ukuran mulut ikan,sehingga saat terjadi Strike,mulut ikan langsung tersangkut kail.cara mencari umpan ini sangatlah mudah,anda bisa mencarinay di tukang jual makanan burung

 

3.Kecoak/ Lipas

jangan jijik dulu dengar kata kecoak,hewan satu ini tenryata menjadi umpan terbaik saat proses mancing,selain itu kecoak dipercaya hanya dimakan olah ikan lais ukuran yang lumayan besar,kira-kira 3 jari orang dewasa.

 

Silahkan pertimbangkan sendiri umpan mana yang ingin anda gunakan untuk memulai proses berburu ikan lais di sungai

Cara memancing ikan lais

Cara memancing ikan lais sebenarnya cukup sederhana,anda hanya butuh sebuah joran tegak yang elastis,dengan ujung senar pancing serta kail,disini saya menggunakan kail ukuran 14.

 

Bagi anda yang belum paham joran apa yang dimaksud bisa melihat contoh joran tegak untuk memancing ikan ini,berikut ini gambarnya

joran

Bagaimana sudah paham??nah kenapa kita menggunakan joran tegak,karena jenis joran ini sangat efektif membuat sebuah umpan kelihatan hidup,dengan kata lain,ikan lais adalah jenis ikan pemburu khususnya saat malam mereka lebih aktif dalam mencari makanan.Berbagai jenis makanan mereka makan seperti ikan kecil,anakan ikan gabus,ikan sluang/wader (bahasa jawa).

 

Menggunakan joran tegak yang elastis dapat membuat ikan lais mengganggap umpan kita adalah umpan hidup seperti serangga yang jatuh keair,cara menggunakannya adalah umpan dipasang di kail,sesudah itu umpan kita oantul pantulkan diatas air hingga membuat percikan air kecil dan berbunyi,ini akan memancing ikan lais untuk segera menyambar.jika lais menyambar umpan anda silahkan langsung hentakkan pancing untuk mengangkat ikan dari air.

 

semoga tips diatas bermanfaat,jika anda mempunyai tips lain yang lebih baik atau metode yang saya gunakan ini kurang menurut anda,anda bisa ikut berpartisipasi membagikan informasi di blog ini melalui kolom komentar.terima kasih

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: