8 Langkah Sukses Membangun Toko Online

Saat ini, internet bukan lagi kebutuhan sekunder melainkan menjadi kebutuhan primer bagi beberapa orang. Tak heran jika pertumbuhan online bisnis menjadi begitu pesat hingga mengalahkan bisnis-bisnis tradisional. Salah satu bisnis online yang saat ini sedang trend yaitu dengan memiliki sebuah toko online atau online shop. Jika kamu ingin mencicipi manisnya bisnis online dengan memiliki toko online, kamu tidak perlu khawatir karena peluangnya masih terbuka lebar.

Namun perlu kamu ingat, dengan memiliki toko online tidak berarti kamu akan langsung sukses dengan keuntungan yang luar biasa. Kamu perlu merencanakannya dengan baik agar toko onlinemu memiliki keunggulan dan kelebihan dibanding dengan toko online lainnya sehingga bisa bertahan dan sukses meski ditengah persaingan yang ketat.

8 Langkah Sukses Membangun Toko Online

Nah, jika kamu berminat atau sudah memiliki toko online dan ingin meningkatkan penjualannya, berikut 8 langkah sukses yang dapat kamu jalankan untuk membangun toko online.

  1. Kenali Konsumen

Sebelum berjualan mestinya kamu tentukan dulu siapa konsumenmu  dan target pasar seperti apa yang akan kamu bidik. Mengenali konsumen sangatlah penting demi kelangsungan bisnis toko online karena jika salah sasaran maka produkmu sulit diserap pasar.

Mengenali dengan baik siapa konsumenmu akan mempermudah ketika kamu ingin memperkenalkan sebuah produk dengan memilih strategi pemasaran yang tepat. Jika konsumennya anak-anak tentu perlakuannya akan beda dengan target pasar konsumen dewasa. Dengan demikian kamu dapat menarik perhatian target pasar yang tepat.

  1. Pilih Produk yang Trend

Setelah menentukan siapa konsumenmu, mulailah mencari produk yang tepat sesuai dengan target pasar yang dibidik. Kamu harus benar-benar memilah dan memilih untuk mendapatkan produk yang benar-benar bagus dan sesuai target pasar yang dituju. Cobalah buat daftar barang apa saja yang sedang trend saat ini.

Misalkan kamu ingin membuka toko online yang berjualan mainan anak-anak, cobalah amati mainan apa yang sedang trend saat ini lalu masukkan ke toko onlinenmu. Kunjungi beberapa toko online yang menjual mainan anak-anak dan lihat produk mana saja yang laku keras. Jika saat ini sedang trend mainan spinner untuk anak-anak, segera jual mainan tersebut. Menjual mainan yang sedang trend biasanya memberikan omzet yang luar biasa meski jangka waktunya terbatas, maka jangan pernah kelewatan dan terus cari peluang.

  1. Membandingkan Harga

 

Aktifitas mengunjungi toko online lainnya selain untuk mengetahui produk apa saja yang paling laku, kamu juga dapat membandingkan harga antara toko online yang satu dengan yang lainnya. Kebanyakan para pelanggan sangat sensitif terhadap harga, maka tak heran harga menjadi faktor utama yang menentukan omzet penjualan toko online.

Nah, sebelum menntukan harga jual sebaiknya bandingkan dulu dengan harga produk sejenis di pasaran. Jangan sampai kamu menjual terlalu mahal atau terlalu murah. Meskipun tampak sepele, namun banyak kasus pengelola online mematok harga jual seenaknya tanpa melihat harga pasar sehingga tidak mampu bersaing dengan kompetitor.

  1. Customer experience

Pernah dengar istilah prime time? Prime time adalah waktu dimana orang akan mencari barang tertentu. Oleh sebab itu mengenali dan memahami cara berfikir pelanggan dapat membantumu menentukan produk apa yang akan kamu jual pada waktu tertentu untuk meningkatkan penjualan.

Selain itu, kamu juga harus memahami keinginan pelanggan dimana rerata mereka menginginkan kemudahan dan kecepatan dalam bertransaksi. Oleh sebab itu, buatlah alur transaksi yang sederhana dan layani mereka dengan sepenuh hati agar pelanggan merasa puas.

  1. Promosi dan Iklan

Tanpa promosi toko online bisa saja terkenal namun membutuhkan waktu yang lama, untuk mempercepat proses branding ini sebaiknya lakukan promosi dengan cara yang tepat agar dikenal calon pelanggan. Selain untuk branding, promosi yang tepat juga dapat meningkatkan penjualan toko online.

Mengingat hampir setiap orang memiliki smartphone, ada baiknya lakukan promosi di dunia maya baik yang gratisan maupun yang berbayar seperti facebook ads ataupun google ads. Jangan pelit berpromosi karena sudah banyak yang membuktikan dengan beriklan ternyata penjualannya meningkat drastis.

  1. Sistem Pembayaran

Untuk mempermudah pembayaran, sebaiknya gunakan sistem pembayaran yang mudah dan aman sehingga pelanggan merasa aman dan nyaman bertransaksi di toko onlinemu. Jika pembayaran via transfer bank, sebaiknya gunakan beberapa rekening yang sudah familiar di masyarakat sehingga bisa dipastikan calon pelanggan sudah memiliki rekening yang sama untuk menghindari biaya tambahan akibat transaksi antar bank.

Untuk itu kamu harus memiliki internet banking dari setiap rekening yang kamu miliki untuk memudahkan pengecekan. Jika pembayaran sudah dikonfirmasi konsumen, segera cek dengan internet banking, dan segera proses jika pembayaran benar-benar sudah mendarat di rekening.

  1. Berikan Testimoni

Sesekali mintalah pelanggan yang pernah order di toko onlinemu untuk memberikan testimoni positif jika mereka merasa puas dengan pelayananmu. Sematkan testimoni tersebut ke toko online untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan dan tentunya untuk meningkatkan penjualan.

  1. Memanfaatkan e-commerce marketplace

Terakhir dan yang paling penting, meskipun kamu sudah punya toko online sendiri ada baiknya manfaatkan beberapa marketplace seperti bukalapk, tokopedia, olx, lazada, elevania dan beberapa marketplace lainnya untuk mendukung penjualanmu. Situs-situs tersebut bisa membantu meningkatkan penjualan sekaligus mencover pelanggan yang masih ragu bertransaksi langsung ke toko onlinemu karena di marketplace tersebut ada fasilitas rekening bersama yang manjamin keamanan dana pembeli hingga mereka menerima barang yang mereka pesan.

Nah, setelah membaca delapan langkah sukses membangun dan menjalankan bisnis toko online diatas, saatnya kamun menyusun perencanaan dan managemen yang tepat untuk diaplikasikan ke toko onlinemu. Sudah siap berjualan?

Leave a Reply