5 Tips Sukses Bisnis Online Shop bagi Ibu Rumah Tangga

Menjalankan sebuah bisnis kini bukan lagi “hak prerogatif” seorang suami sebagai kepala rumah tangga. Seorang ibu rumah tanggapun kini tetap bisa produktif dan menghasilkan uang tanpa harus meninggalkan pekerjaannya sebagai ibu rumah tangga. Jika kamu seorang ibu rumah tangga, menjalankan bisnis online shop adalah salah satu alternatif yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Mengingat perkembangan bisnis ini cukup pesat, maka tak salah jika kamu ikut serta meramaikannya karena sudah banyak ibu rumah tangga yang bermain dibidang online shop ini dan terbukti bisa sukses.

5 Tips Sukses Bisnis Online Shop bagi Ibu Rumah Tangga

Dengan menjalankan bisnis online shop, seorang ibu rumah tangga tidak perlu meluangkan waktu khusus karena bisnis ini bisa dijalankan kapan saja dan biasanya hanya untuk mengisi waktu luang. Meskipun terkesan bisnis sampingan, namun potensi bisnis ini sangat luar biasa mengingat pangsa pasarnya yang begitu luas. Nah, jika kamu berencana menjalankan bisnis online shop, berikut 5 cara untuk memulai bisnis online shop yang dapat kamu ikuti.

  1. Siapkan smartphone!

Modal utama sebuah bisnis online shop adalah kamu harus memiliki sebah smartphone untuk bisa mengakses beberapa social media dan media online lainnya seperti facebook, instagram, BBM, WA, tokopedia, bukalapak, shopee dan lain-lain. Tidak perlu smartphone yang mahal, asalkan bisa untuk mengakses beberapa aplikasi yang disebutkan di atas dan masih berfungsi normal sudah cukup.

Beberapa smartphone dengan harga dibawah 2 juta sudah lebih dari cukup, bahkan beberapa smartphone dengan harga dibawah 1 jutapun sudah bisa digunakan untuk menjalankan bisnis online shop. Yang penting adalah kamu tidak gaptek alias mampu mengoperasikannya dengan baik. Tapi jika saat ini kamu benar-benar gaptek, tidak ada salahnya minta bantuan suami atau teman untuk mengajari bagaimana mengoperasikan smartphone agar kamu dapat segera menjalankan bisnis online shop ini.

  1. Tentukan jenis bisnis

Seperti yang kamu ketahui ada ribuan produk yang bisa kamu jual lewat bisnis online shop. Sebaiknya kamu tentukan lebih dulu produk apa yang akan kamu jual, misalkan berjualan peralatan dapur, jilbab, busana muslim, tas, aksesoris atau makanan khas daerah kamu. Yang paling penting adalah kamu harus tahu karakteristik dan informasi detail produk yang akan kamu jual.

Selain berjualan barang kamu juga dapat menjual jasa atau ketrampilan yang kamu miliki seperti jasa merias wajah, jasa les privat atau jasa merangkai hantaran dan mas kawin.

  1. Info dan gambar produk harus jelas

Untuk mengenalkan produk yang kamu jual lewat online shop sebaiknya sertakan foto dengan kualitas yang bagus. Foto yang bagus akan membuat produk yang kamu jual tampil lebih menarik dan meningkatkan potensi jual ke calon pelanggan. Jika perlu, gunakan jasa fotografer dan model agar produk anda terlihat lebih berkelas.

Jika foto sudah siap, saatnya kamu memberikan informasi yang lengkap tentang produk yang kamu jual. Ingat, informasi harus ditulis secara detail dan sesuai dengan produk agar tidak ada komplain dari pelanggan tentang produk yang kamu jual. Misalkan kamu berjualan produk fashion, cantumkan ukuran panjang dan lebarnya, warna apa saja yang tersedia, bahan apa yang digunakan dan lain-lain.

  1. Fokus pada produk yang dijual

Saat baru memulai bisnis online shop, pastikan kamu fokus pada satu jenis produk saja. Tidak perlu memaksakan diri menjual berbagai macam produk, cukup fokus pada satu produk lalu kembangkan hingga dapat berjalan dengan baik. Setelah mengetahui seluk beluk dan celah bisnis online shop barulah kamu kembangkan dengan menambah produk sedikit demi sedikit.

Pada intinya, mulailah dengan satu produk dulu untuk meyakinkan pelanggan bahwa anda benar-benar spesialis dibidangnya.

  1. Daftar akun e-commerce

Seperti yang sudah disinggung di atas, untuk memasarkan produk yang akan dijual, kamu dapat memasarkannya melalui jejaring sosial seperti facebook dan instagram atau melalui aplikasi pesan singkat seperti BBM dan WA. Namun itu saja tidak cukup, kamu harus memanfaatkan beberapa e-commerce seperti shopee, OLX, Bukalapak, Tokopedia dan beberapa situs sejenis agar target pasarmu menjadi lebih luas.

Untungnya, beberapa e-commerce sudah menyediakan aplikasi yang dapat kamu unduh di App Store maupun Playstore. Aplikasi tersebut akan membantumu menjalankan bisnis online shop dengan lebih mudah dan praktis. Kamu hanya perlu mendaftar pada aplikasi tersebut, lalu mengupload gambar dan memberikan informasi tentang produkmu dengan detail dan kamu sudah siap untuk berjualan, mudah bukan?

Nah, 5 tips sukses menjalankan bisnis online shop di atas saya rasa sudah cukup sebagai bekal buat kamu para ibu rumah tangga yang ingin menjalankan bisnis online shop dari rumah tanpa perlu meninggalkan pekerjaan utama sebagai ibu rumah tangga. Perlu kamu ketahui, sudah banyak ibu rumah tangga yang sukses dengan bisnis online shop ini, mungkin kamu salah satunya.

Leave a Reply